|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Batik Kuno, Batik Lawas


Batik Kuno atau Batik Lawas adalah batik yang telah diproduksi belasan hingga puluhan tahun yang lalu. Sang pengrajin awalnya membuat batik ini hanya sekedar untuk koleksi pribadi saja, sehingga produksinyapun tidak banyak, tidak lebih dari lima lembar kain. Oleh karena akan digunakan untuk koleksi pribadi dan tidak ada niatan untuk dijual pada awalnya, sehingga pengrajin batik menuangkan semaksimal mungkin karya seninya untuk mendesain motif batik ini.

Diperlukan waktu yang lama untuk membuat satu lembar kain batik koleksi pribadi, karena pengrajin batik juga dituntut harus menghasilkan kain batik yang memang digunakan untuk keperluan komersial guna kelangsungan hidup bisnisnya. Sehingga proses pembuatan batik koleksi pribadi dilakukan pada waktu yang benar-benar luang.

Motif yang dihasilkan biasanya mencerminkan kondisi pengrajin atau lingkungan pada saat itu, kemudian diaplikasikan pada motif batik sesuai dengan karakteristik dari sang pengrajin batik. Ada pengrajin batik yang mempunyai karakteristik 'pethetan' atau tumbuhan, sehingga motifnya cenderung berbentuk ornamen batik bunga, daun, akar, ranting, dan batang. Lain lagi ceritanya dengan pengrajin batik yang mempunyai karakteristik 'sasatoan', tentunya motifnya akan cenderung kepada binatang-binatang peliharaan yang jinak.

Batik Kuno yang merupakan batik koleksi, tentunya tidak akan dibuat sebagai busana oleh pengrajinnya, walaupun sebenarnya kain batik tersebut bisa saja dibuat pakaian, sehingga kain batik ini akan dipajang atau hanya disimpan saja oleh pemiliknya. Oleh karena hanya disimpan saja, maka karya seni dari batik koleksi ini tidak bisa dinikmati atau diketahui oleh orang lain, sehingga muncul niat untuk melakukan penjualan koleksi kain batik kuno agar karya seni dari pengrajin batik dikenal oleh masyarakat luas.

Harga kain batik kuno tentunya tidak seperti kain batik biasa, karena mempunyai nilai sejarah tersendiri dari sang pengrajin batiknya. Harganya bisa mencapai angka minimal 7 digit. Jadi jangan pernah berfikir untuk membeli kain koleksi batik kuno, hanya untuk dibuat pakaian semata, karena pasti secara matematis hitungan harganya tidak bisa mencukupi. Termasuk juga bila kita tidak mempunyai hobby untuk mengkoleksi kain batik kuno, tentunya harga yang ditawarkan jelas tidak masuk perhitungan.

Sebagai contoh dari kain koleksi batik kuno atau batik lawas seperti pada gambar di atas, sudah pernah ada yang menawar di harga 1,5 juta. Tetapi oleh karena kain yang berukuran 280 X 105 cm dan berumur tak kurang dari 23 tahun tersebut mempunyai nilai historis yang tinggi, maka belum bisa dilepas dan masih menjadi koleksi pribadi dari sang pengrajin batik.



Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
Phone: 0285-410345
HP: 02857905080
PIN: 286B7E9A
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio
Check PageRank


2014-08-23 22:19:16 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP