|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Kerajinan Tangan Taplak / Loper Enceng Gondok dan Akar Wangi


Indonesia merupakan negara yang sangat kaya raya akan hasil buminya, terutama dari hasil tumbuh-tumbuhan. Enceng Gondok adalah salah satu tanaman liar yang hidup di air, sungai dan rawa-rawa. Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari enceng gondok ini dan cenderung menganggapnya sebagai tanaman sampah. Namun melalui tangan-tangan kreatif, tanaman yang tidak dianggap bernilai ini bisa disulap menjadi suatu hasil karya seni yang memiliki nilai tinggi.

Batang enceng gondok setelah dikeringkan dan diolah, bisa dibuat menjadi berbagai macam hasil kerajinan tangan, di antaranya adalah untuk taplak seperti yang terlihat pada gambar di atas. Awalnya batang enceng gondok yang telah diproses dan siap dibuat menjadi produk baru ini dibelah dan dipotong menjadi ukuran-ukuran kecil yang sama, sehingga mempermudah untuk pemrosesan berikutnya.

Setelah dibelah dan dipotong dengan ukuran yang sama, langkah selanjutnya adalah menganyam atau merakitnya dengan benang sehingga membentuk suatu lembaran kain. Setelah terbentuk lembaran dengan ukuran yang diharapkan, selanjutnya akan memasuki proses pewarnaan dan pelukisan sesuai dengan pesanan dan kreatifitas daya seni yang diharapkan. Jika semuanya sudah selesai maka enceng gondok yang tadinya adalah tanaman air liar yang tidak bernilai, menjadi suatu barang seni yang sangat bernilai.





Lain halnya dengan tanaman akar wangi, tanaman ini tidak tumbuh di air seperti enceng gondok, namun tumbuh di padang ilalang yang terbuka. Hampir seperti enceng gondok, tanaman akar wangi juga tidak banyak yang mengetahui khasiat dan tanamannya. Bentuknya mirip seperti rumput alang-alang yang tumbuh liar di kebun.

Sesuai dengan namanya tanaman akar wangi yang akan diproses menjadi suatu barang yang bernilai adalah dari unsur akarnya. Akar dikeringkan dan diproses untuk siap diubah menjadi bentuk barang siap pakai.

Akar wangi memang cenderung lebih kaku dibandingkan enceng gondok, makanya dalam pembuatan taplak atau hiasan dinding biasanya akan dikombinasikan dengan benar rajutan atau benang emas/perak. Proses pembuatannyapun sama dengan proses pembuatan kerajinan taplak dari enceng gondok, yaitu pembuatan lembarannya terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan proses pewarnaan dan pelukisan.

Taplak dari bahan akar wangi ini nilai jualnya lebih mahal dari enceng gondok, pasalnya bahan baku yang dibutuhkan relatif lebih sulit, juga pemrosesannya yang lebih sulit juga.

Selain digunakan sebagai taplak atau hiasan dinding, kerajinan enceng gondok dan akar wangi ini juga sangat elegan untuk dijadikan sebagai souvenir bagi tamu undangan pesta pernikahan. Jika kerajinan enceng gondok dan akar wangi ini akan dipesan untuk digunakan sebagai souvenir bagi tamu undangan pesta pernikahan, tentunya desainnya bisa menyesuaikan dari pihak pemesan, dan seperti biasa sangat dimungkinkan untuk diberikan catatan nama mempelai.

Sungguh Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan hasil buminya maupun kreatifitas dari masyarakatnya dalam mengolah hasil bumi tersebut.



Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 085229098359
PIN: 286B7E9A
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com SEO Score
Check PageRank


2014-10-26 13:55:55 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP