|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



batik motif kawung Arsip Batik





















































[Parasantique] : Makna Motif Kawung



Batik motif Kawung mempunyai makna yang melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal usulnya.
Jaman dahulu, batik motif kawung dikenakan di kalangan kerajaan. Pejabat kerajaan yang mengenakan batik motif kawung mencerminkan pribadinya sebagai seorang pemimpin yang mampu mengendalikan hawa nafsu serta menjaga hati nurani agar ada keseimbangan dalam perilaku kehidupan manusia.

Sejarah diketemukannya batik motif kawung ini adalah ketika ada seorang pemuda dari desa yang mempunyai penampilan berwibawa serta disegani di kalangan kaumnya. Tak lama karena perilaku pemuda ini yang sangat santun dan bijak, hingga membuat namanya terdengar hingga di kalangan kerajaan Mataram.

Pihak kerajaan merasa penasaran dengan kemashuran nama pemuda ini, sehingga diutuslah telik sandi untuk mengundang pemuda ini menghadap raja. Sang telik sandipun berhasil menemukan pemuda ini. Mendengar bahwa putranya diundang oleh raja, membuat ibunda merasa terharu dan menggantungkan banyak harapan. Ibunda berpesan agar si pemuda ini bisa menjaga diri & hawa nafsu serta tidak lupa akan asal-usulnya.

Untuk itulah ibunda membuatkan batik dengan motif kawung, dengan harapan putranya bisa menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat banyak.

Tak lama kemudian setelah dipanggil oleh pihak kerajaan dan diberikan beberapa pekerjaan yang selalu bisa diselesaikannya, akhirnya pemuda ini diangkat menjadi adipati Wonobodro.

Dalam pengangkatannya sebagai adipati Wonobodro, pemuda ini mengenakan baju batik pemberian ibundanya dengan batik motif kawung.

Dan akhirnya hingga saat ini, batik motif kawung semakin dikenal masyarakat.



23 comments
agung
trima kasih.
infonya sangat bermanfaat untuk menambah referensi saya.
FAKER
COPO ABIZZZZ
galina
makasih,,
infonyaa mempermudah pr saya.. hehe
aryo
NYimuTtTTTttTzzzz
ngerjain humZWerKxZZ
jAdi LbiHH MdaHHH.
gagagaggaagagga
aku aja
batik truntumnya mana?
Admin
untuk batik truntum, kami masih mencari referensi dari beberapa sumber yang bisa dipercaya
tataz pekalongan
jadi bisa garap ulangan batik besok pagi..thanks.
Admin
@tataz: semoga sukses ulangannya.
kalo punya referensi batik, silakan email ke kami
van Yanue
wow nggak nyangka...batik yg selama ini saya kagumi ternyata mmpunyai filosofi yg tinggi...nice info
Yuniarty james
matur nuwun sanget , mugi andadosaken tambahing kawruh , nuwun
kiky
aaaaahhh cari fillosofinya malah dapet sejarahnya .....^-^
ririn
................keren ceritanya...
Aditya Yasi Dwitama Putra
Makasih atas infonya
cindy
bagus ...
dimasje
Mantab, baru tahu ceritanya. Punya referensi batik dan sejarahnya ga gan? info via inbox ya di dimasje[at]gmail[dot]com
Admin
to all batik's lover's..
please send your article to us, will be share to another one
Reni
Thanks ya untuk informasinya... keren abiz...
aku anak indonesia
kok gak ada daerah asal???
gebrina
makasih banyak atas infonya aku jadi bisa ngerjain tugas sbd dari guru bawel
trijel kawung
mantap ceritanya,
sayapun bermarga kawung jadi bangga..
leonardus sumampouw
Dalam rangka ikut melestarikan seni batik asli indonesia berarti memberi masukan pengetahuan tentang seni batik kami sarankan setiap gambar dari motief batik yang dimuat disertai sebanyak mungkin detail teknis proses pembuatanya (paling tidak ada ref.lit.).contoh yang disini menurut pengamatan saya suatu jenis batik motief kawung yang benar2 langka,kalau tidak salah jenis partan cap ,wedel indigo asli dan soga jawa yg proses dikuning sebelum dilorod.Sebaiknya juga disertai gambar jenis yang diprint (atau ref.lit.) tapi kami sangat menghargai web ini yang sdh berusaha ikut serta melestarikan batik. menurut kami tidak ada satu orang indonesia yang mempunyai pengetahuan lengkap tentang batik.Ragam batik luarbiasa luas.
novita
okey, makna'a menggambarak sifat seseorang, bagus, salut dech pokok'a dengan batik kawung.
dan saya sangat bangga dengan pencipta batik ini walaupun saya tidax mengetahui'a.
Pak Wir
Trim atas infox bisa sbagai bekal pengetahuan tentang batik.
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
Phone: 0285-410345
HP: 02857905080
PIN: 286B7E9A
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com SEO Score
Check PageRank


2014-08-27 15:48:36 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP