|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Sejarah Batik Pekalongan


Sejarah Batik di Pekalongan dimulai dari pasca peperangan dan perpecahan di lingkungan kerajaan Mataram yang waktu itu dipimpin oleh rajanya Panembahan Senopati. Peperangan melawan kolonial belanda maupun perpecahan di antara lingkungan kraton memang kerap kali terjadi, hingga pada suatu saat kondisi yang paling parah menyebabkan banyak keluarga-keluarga raja yang mengungsi dan menetap didaerah-daerah baru antara lain ke Pekalongan. Keluarga-keluarga kraton yang memang telah mempunyai tradisi batik dan mengungsi inilah yang mengembangkan pembatikan ke daerah pengunsian di Pekalongan.




Di daerah Pekalongan tersebut akhirnya batik tumbuh dengan pesat seperti di Buaran, Pekajangan dan Wonopringgo. Keluarga kraton yang mengungsi dan membawa pengikut-pengikutnya ke daerah baru itu, dan ditempat itu kerajinan batik terus dilanjutkan dan kemudian menjadi pekerjaan untuk mata pencaharian. Corak batik di daerah baru ini disesuaikan pula dengan keadaan daerah sekitarnya.




Sampai awal abad ke-XX proses pembatikan yang dikenal ialah batik tulis dengan bahan morinya buatan dalam negeri dan juga sebagian import. Setelah perang dunia kesatu baru dikenal pembikinan batik cap dan pemakaian obat-obat luar negeri buatan Jerman dan Inggris.




Pada awal abad ke-20 pertama kali dikenal di Pekajangan ialah pertenunan yang menghasilkan stagen dan benangnya dipintal sendiri secara sederhana. Beberapa tahun belakangan baru dikenal pembatikan yang dikerjakan oleh orang-orang yang bekerja disektor pertenunan ini.

Pertumbuhan dan perkembangan pembatikan lebih pesat dari pertenunan stagen dan pernah buruh-buruh pabrik gula di Wonopringgo dan Tirto lari ke perusahaan-perusahaan batik, karena upahnya lebih tinggi dari pabrik gula. Bahan-bahan yang dipakai untuk kainnya hasil tenunan sendiri dan bahan catnya dibuat dari pohon seperti: mengkudu, pohon tom, soga Jawa, dan sebagainya.




14 comments
Febri
thanks...

apa ya bedanya batik tiga negeri pekalongan dengan batik sogan pekalongan???
Admin
@Febri :
batik tiga negeri adalah merupakan salah satu motif batik, disebut tiga negeri karena menurut riwayatnya batik tiga negeri diselesaikan di tiga wilayah (negeri) yaitu di LASEM, PEKALONGAN, YOGYAKARTA sehingga otomatis motifnyapun sangat dipengaruhi oleh motif khas tiga wilayah tersebut.
sedangkan batik sogan hanyalah merupakan salah satu teknik pewarnaan batik yang menggunakan bahan pewarna alam batik soga
Albert
thx y
Pemulung
Selamat pagi
Just info, bahwa di buku tulisan M. Hasanudin (beliau dari keluarga pembatik pekalongan, dan pernah sebagai ketua Departemen Kriya Seni Rupa ITB), disebut batik tiga negeri karena diproses dengan 3 kali babaran. Sekali babaran disebut kelengan, dua kali disebut sogan, tiga kali disebut tiga negeri dan empat kali disebut empat negeri.

Nuwun
idan nadi
saya punya beberapa kain batik tiga negeri ,. dan saya belum begitu paham mengenai batik ,tapi dengan informasi seperti ini.. pengetahuan mengenai batik.. jadi bertambah.. kalau mendengar sejarah dan waktu pembuatan batik,sepertinya tidak sembarangan.. dan saya bangga sekali punya batik...
ucup_goblock
terima kasih opa buat tulisannya yg bisa nginspirasi buat nulis diblog ane
maaf ya opa kalo ada kesamaan tulisannya tapi ane tidak copas kog :)
pembatik batam dari pekalongan
met malam...... saya berharap pengrajin batik di pekalongan dapat lebih maju taraf hidupnya bukan Bos bos besarnya aja....apalah artinya bos tanpa si pencipta karya...
Nafida fajry
bangga jadi warga pekalongan
batik 0285
yg cari batik pekalongan invite aja 27fd30fe
Nauwaf maulana
salut
fadly
izin copy artikelnya, tetap saya ikutkan sumbernya kok.
momo
kalo tempat belajar buat batik ada ga?
smoga batik a tetep keren2 smpai kpnpun :)
Admin
untuk belajar batik silakan saja langsung mampir di museum batik Pekalongan pada hari kerja (senin-sabtu). di sana bisa langsung praktek, mulai dari bahan ukuran kecil (sapu tangan batik) hingga bahan ukuran besar (taplak atau baju batik)
Aldo
ada ga sejarah tentang motif batik jlamprang, kereta kencana dan pesisir pekalongan?itu dulunya digunakan buat apa ya ?
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 085229098359
PIN: 286B7E9A
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com SEO Score
Check PageRank


2014-11-28 09:41:37 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP