|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Berita





















































Lomba Busana Batik di Batang


Lomba busana batik bagi anak sekolah tingkat Kabupaten Batang tahun 2011 bertujuanuntuk memperkenalkan berbagai corak batik Kabupaten Batang sebagai ciri khas daerah, untuk menampilkan batik batang layak dikenakan untuk seragam sekolah.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Busana Batik Nanik Kadar Ariyanto Hadi dalam acara lomba busana batik yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Batang. Dia juga mengatakan lomba tersebut juga untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak sekolah dasar untuk dapat tampil dimuka umum.

"Lomba ini juga berujutanuntuk memasyarakatkan batik Batang guna menumbuhkan pengrajin batik," terang Nanik.

Sementara itu Wiwik Edy Wicaksono ketika membacakan sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang mengatakan bahwa batik merupakan warisan yang tak ternilai harganya dan merupakan warisan dari para pendahulu yang merupakan cerminan kepribadian bangsa Indonesia.

"Batik perlu kita jaga kelestariannya, jagan sampai bangsa lain mengklaim batik sebagai produk asli mereka", tegas Wiwik.

Dijelaskan lomba busana batik Batang tersebut dimaksudkan untuk memasyarakatkan penggunaan batik kepada masyarakat melalui seragam sekolah, dimana anak-anak sekolah diperkenalkan dengan batik sejak dini agar tidak lua akan budaya adi luhung yaitu batik.

Penyelenggaraan lomba ini juga akan memberikan nilai manfaat, karena momentum ini dapat digunakan sebagai sarana menuangkan kreatifitas dalam membuat baju batik terutama seragam buat anak sekolah. Dengan membanjirnya kain batik tiruan dari luar negeri, kegiatan ini dapat merupakan ajang bagi anak-anak agar lebih mengenal tentang batik.

"Lomba ini juga untuk meningkatkan semangat para pengrajin batik Batang dalam memproduksi di wilayah Kabupaten Batang yang nantinya dapat meningkatkan income pengrajin itu sendiri", terangnya.

Diharapkan, penyelenggaraan lomba busana batik bagi anak sekolah ini masyarakat akan lebih mengenal batik sebagai warisan budaya leluhur yang dapat mengikuti kemajuan berbusana dari jaman ke jaman yang perlu dilestarikan keberadaannya.

Untuk jumlah peserta lomba ada 30 orang yang berasal dari 15 kecamatan (masing-masing kecamatan 2 orang putra dan putri). Dan untuk juara lomba busana batik bagi anak sekolah tingkat Kabupaten Batang yaitu Juara I Putra Moch Faris Aminullah dan Juara I Putri Aulia Ratna Atika dari SDN Kauman 07 Kecamatan Batang.



2 comments
teguh
kesenian batik dikota batang akan terus berkembang dan semoga dikenal yang terbaik
Linah Setiawati
kreatif... idenya,.. sedini mungkin kita hrs kenalkan budaya batik pada generasi penerus sehingga kedepan mereka bisa menghargai karya seni adi luhung bangsa sendiri yg terwarisi dari nenek moyang kita.
terus tingkatkan kegiatan yg serupa ya... pak bupati batang.
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
Phone: 0285-410345
HP: 02857905080
PIN: 286B7E9A
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com SEO Score
Check PageRank


2014-08-20 19:38:45 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP