|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Arsip Batik





















































Alat Ukur Potongan Kain Batik


Kain batik cap maupun tulis, biasanya diproduksi pada ukuran tertentu. Ukuran ini akan disesuaikan dengan rencana kebutuhan bahan jadi busananya. Untuk ukuran hem bahan dasar mori yang harus dipotong adalah ukuran 165 cm hingga 180 cm. Sedangkan untuk mori bahan dasar blus akan dipotong ukuran 2 meteran. Potongan kain tersebut juga sudah disesuaikan untuk berbagai macam ukuran pakaian mulai dari S,M,L,XL, hingga XXL. Untuk ukuran pakaian yang lebih dari itu tentunya bahan dasarnya harus dipotong lebih besar lagi.

Setiap pengrajin batik akan berusaha untuk menghemat biaya produksi pembuatan batik sehemat mungkin, mulai dari waktu produksi hingga bahan baku produksi. Pemotongan kain mori yang merupakan bahan dasar batik juga tak luput dari perhatian pengrajin batik untuk melakukan penghematan biaya. Dari sisi bahan baku produksi harus dilakukan pemotongan yang benar-benar pas, sehingga bisa meminimalisir kain yang terbuang namun tetap menjaga ukuran pakaian jadinya nanti sesuai standard. Dari sisi waktu juga sangat mempengaruhi tingkat efisiensi produksi, sehingga harus dicari metode yang paling efektif dan efisien. Pekerjaan memotong kain adalah pekerjaan mudah dan sederhana, namun membutuhkan akurasi khusus untuk ketepatan ukurannya. Jadi seharusnya pekerjaan ini bisa dilakukan oleh satu orang saja, tetapi kecepatan pengerjaannya tidak boleh dikorbankan.



Para pengrajin batik di Pekalongan, mendapatkan bahan baku mori kain dalam bentuk gulungan dengan ukuran yang masih sangat panjang, sehingga harus dilakukan pemotongan sesuai kebutuhan model pakaian jadi yang telah dirancang. Para pengrajin kemudian membuat alat ukur potong kain yang bisa menjadikan pekerjaan pemotongan kain ini bisa lebih mudah, tepat ukuran, serta efektih dan efisien. Alat bantu yang dibuat adalah terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah bagian rel yang berfungsi untuk menentukan panjang ukuran yang diinginkan serta sebagai tambatan untuk bagian pengait yang merupakan bagian kedua. Bagian pengait adalah bagian yang mempunyai mata jarum dan berfungsi untuk mengkaitkan kain mori. Bagian pengait ini menempel di bagian rel dan bisa digeser-geser sesuai ukuran panjang yang dikehendaki. Alat ukur ini bisa dipesan di bengkel las.



Cara penggunaan alat ukur ini, pertama-tama adalah dengan menempelkan bagian rel pada tembok atau bidang datar lainnya dan rel harus dipasang benar-benar mendatar rata-rata air, sehingga hasil potongan kainnya nanti bisa lurus dan siku-siku. Setelah itu memasang bagian pengait pada sisi kiri sebagai titik nol, dengan mengencangkan baut sekerup yang terpasang di bagian bawah, agar tidak mengalami pergeseran ketika kain mori ditarik. Kemudian dipasang lagi pengait yang kedua di sebelah kanan. Pemasangan pengait yang kedua, jaraknya dari pengait pertama disesuaikan dengan kebutuhan kain yang akan dipotong. Setelah ukuran panjang / jarak pengait kiri dengan pengait kanan presisi, selanjutnya kain mori dimasukkan / ditusukkan pada mata jarum yang ada di pengait. Kain mori diputar bolak-balik dengan menusukkan secara bergantian pada mata jarum pengait kiri dan kanan. Setelah kain gulungan habis mengelilingi kedua pengait, kain dipesut dari mata jarum hingga lurus ke bawah. Selanjutnya kain dilepas dari mata jarum. Kain akan membekas lubang kecil bekas mata jarum. Di lubang inilah sebagai tanda untuk pemotongan kain. Dengan demikian pekerjaan pemotongan kain ini bisa dilakukan cukup oleh satu orang saja dengan mekanisme kerja yang efektif dan efisien.



Belum ada Komentar, Isi komentar :
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
Phone: 0285-410345
HP: 02857905080
PIN: 286B7E9A
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor
Check PageRank


2014-09-24 07:22:12 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP