|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



labeling batik Arsip Berita





















































Pengrajin Batik Pekalongan Minta Labeling


Para pengrajin batik tulis Pekalongan meminta pemerintah untuk segera membuat label batik. Hal ini untuk melindungi perajin dalam negeri karena makin maraknya tekstil bermotif batik.
Dengan adanya labeling ini, akan membuat perbedaan batik tulis dan cap dengan tekstil bermotif batik. Masyarakat belum memahami perbedaan antara batik dengan tekstil bermotif batik, papar Wakil Wali Kota Pekalongan Alma Facher.

Dia mengatakan, pembuatan label batik tersebut sekaligus juga dapat melindungi konsumen. “Sekarang banyak konsumen bangga pakai batik dan membeli dengan harga mahal, padahal tidak semua yang mahal itu batik asli ujarnya.

Alma mengungkapkan, ada sepuluh jenis batik, yaitu tulis,cap, kombinasi tulis dan cap, sablon malam tulis, sablon malam cap, sablon malam cap tulis, printing tulis manual, printing cap, printing cap dan tulis, serta tekstil bermotif batik.

Menurutnya, pada saat ini, pabrik tekstil dapat menjiplak motif batik dengan mudah dalam jumlah yang banyak. Merek-merek batik yang terkenal sekarang ini, sebenarnya bukan batik, tapi tekstil yang bermotif batik. Di Pekalongan, sekarang terdaftar sekitar 600 perajin batik dan ada tiga pabrik yang memproduksi batik printing, jelasnya.

Dengan labeling batik diharapkan akan mempermudah turis mancanegara untuk mengenal batik asli Indonesia. Nanti pembeli tinggal lihat label warna di dalamnya, untuk mengetahui jenis batiknya. Jika tidak ada tandanya, berarti bukan batik Indonesia, ujarnya.
Untuk mendapatkan sertifikat kode khusus tersebut, setiap perusahaan harus mengeluarkan biaya sebesar Rp1 juta.

Di sisi lain, Alma mengatakan, para pengrajin batik tulis di Pekalongan meminta bantuan berupa subsidi kompor gas dari pemerintah. Kami sudah kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB),namun harganya cukup mahal, yakni Rp300 ribu, itu untuk UKM tidak mungkin, ujarnya.

Dia berharap, pemerintah dapat memberikan subsidi kompor gas dengan harga murah. Kami minta pemerintah memikirkan untuk membuat kompor khusus ini, dengan harga murah sehingga para pengrajin bisa lebih produktif, paparnya. (okezone)




6 comments
mifta
salam kenal,
saya juga asli pekalongan,yang ngerantau di kota orang.
prihatin juga ya, sekarang banyak orang yang salah kaprah tentang batik.
semoga dengan label tersebut, orang bakal lebih tau tentang batik dan kain motif batik.
jaya terus batik pekalongan....
Admin
@mifta:
salam kenal juga mbak dan trima kasih atas spiritnya.
anang
saya kira kira boleh ga pesan motif dimana hasil karyanya nnt bisa laku pesat khusus di medan ketika saya jalan jalan di surabaya di salah satu mall ada kampung batik saya terlihat batik bermotif bola . ada barcelona . arsenaldan lain lain sehingga timbul di benak saya dan ini mempunyai market tersendiri ya itu batik pemuda pancasila yang punya dasar orange, hitam maron dan coklat dengan kombinasi logo pemuda pancasila . isnya allah saya dapat pasrkan ini di sumatera tolong buat sempel dan kl motif oke saya pasti order
Admin
@anang : Pesanan batik berlogo sangat dimungkinkan, dan saat ini memang sedang ramai dan hangat motif batik berlogo. Batik bola komunitasnya tidak terbatas, sehingga kami berani melakukan spekulasi pembuatan motif batik club bola. Namun untuk motif batik suatu organisasi, kami belum berani membuatnya karena menunggu kepastian pemesanan.
WIDJAJA KUSUMA
MOHON INFORMASI ALAMAT2 DARI PENGRAJIN BATIK DI PEKALONGAN, ATAS BANTUANNYA TERIMA KASIH .GBU
H.Ch.Faurozi
Labeling dengan Rp.1juta membebani pengrajin batik, sudah batik tersaing, beban biaya.Bukankah pengrajin "kena pajak". Pemerintah Pemda harus membebaskan demi rakyatnya (tanpa biaya).Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo Cibeureum Raya Bandung 40534
Nama
Email
Comment
Kode captcha
 
 
 
Supported by
 

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 0811520811
PIN: 286B7E9A atau 5E99464D
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed         rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com SEO Score
Check PageRank


2017-06-26 14:03:31 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP