|     N e w s     |     The Batik     |     F A Q     |
Teras Toko online
  Cari Batik      
  Masukkan Kode Batik :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Testimoni
9 comments terbaru


Nama :
Email :
Comments :
5 digit nomor di atas :



Mori

Mori adalah kain bahan dasar pembuatan batik yang umumnya berwarna putih.
Jenis-jenis mori juga sangat banyak ada katun, polyester, dobi, sutera,

Mori katun akan terasa nyaman dan sejuk jika digunakan. Mori katun 100% akan terasa sangat lemas sehingga sangat mudah kusut walaupun sangat nyaman digunakan.

Mori polyester terbuat dari serat sintetis. Walaupun harganya ekonomis, bahan ini kurang cocok dipakai di negara yang beriklim tropis yang lembab. Bahan ini tidak menyerap keringat, sehingga terasa kurang nyaman pada tubuh. Oleh karena itu sangat jarang produksi batik yang menggunakan mori polyester ini. Kelebihan dari bahan ini adalah mudah diatur serta tidak mudah kusut sehingga selalu terlihat rapi.


Mori katun dobi adalah campuran dari bahan katun dan polyester. Ciri utama dari mori katun dobi adalah terdapat motif serat yang menarik (kotak, garis, abstrak)


Mori sutera terbuat dari serat kepompong ulat sutera. Sutera merupakan salah satu bahan pakaian terindah di dunia. Sejak jaman dahulu, sutra telah digunakan untuk pakaian yang istimewa.

Saat mengenakan pakaian yang terbuat dari sutra, kita akan merasakan kenyamanan dan kelembutan dari bahan sutra tersebut. Namun pakaian yang terbuat dari sutra memiliki banyak keunggulan.


    Keunggulan dan keistimewaan dari sutra antara lain:
  • Sutra merupakan bahan yang sangat kuat. Kekuatan sutra sebanding dengan kawat halus yang terbuat dari baja. Sutra juga lembut saat menyentuh kulit. Asam amino dalam serat sutra yang membuat sutra terasa lembut dan nyaman. Bahkan sutra dapat menjaga agar terhindar dari berbagai penyakit kulit. Tentu hal ini akan membuat pemakainya merasa nyaman.
  • Sutra memiliki kemampuan menyerap yang baik sehingga cocok digunakan di udara yang hangat dan tropis. Karena itu, setiap pemakai bahan sutra akan merasa sejuk dan lebih kering meski udara panas. Yang menyebabkan bahan sutra mampu menyerap kelembaban dan cairan karena asam amino di dalam serat sutra mampu menyerap lalu membuang keringat.
  • Bahan sutra memiliki ciri khas yaitu berkilau seperti mutiara. Hal ini disebabkan karena lapisan-lapisan fibroin, yaitu sejenis protein yang dihasilkan ulat sutra, membentuk struktur mikro yang berbentuk prisma. Struktur prisma inilah yang menyebabkan cahaya akan disebar ketika terkena bahan dari sutra sehingga menimbulkan efek kilau yang indah pada sutra.
  • Sutra memiliki daya tahan terhadap panas dan tidak mudah terbakar.
  • Salah satu kemampuan istimewa sutra adalah mampu melindungi kulit tubuh dari sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit.

    Tips agar pakaian atau produk kain yang terbuat dari sutra tetap terawat:
  • Jika kita memiliki batik atau bahan pakaian dari sutra, maka jangan menyemprot parfum atau minyak wangi langsung ke kain tersebut, terutama batik sutra ataupun kain sutra dengan pewarna alami.
  • Pada saat mencuci bahan dari sutra, sebaiknya kita mencuci di pencuci profesional dengan sistem dry cleaning, kecuali kita dapat melakukan proses pencucian jenis tersebut. Namun kita juga dapat mencucinya di rumah dengan deterjen yang lembut dan air hangat sekitar 30 C. Jangan diremas dan diperas. Biarkan kering sendiri dengan angin.
  • kita juga dapat menyeterika bahan dari sutra. Hindari menyeterika langsung di permukaan sutra. Gunakan kain atau pakaian untuk melapisi kain sutra kita, lalu mulailah menyetrika.
  • Simpanlah bahan kain atau pakaian dari sutra di tempat yang kering dan tidak lembab. Gunakan hanger atau gantungan pakaian yang terbuat dari bahan lembut, misalnya dilapisi busa.
  • Hindari ngengat pada tempat penyimpanan pakaian atau kain dari sutra. Untuk mengusir ngengat, kita dapat menggunakan akar wangi atau pengharum pakaian.
  • Hindari menyimpan pakaian atau kain dari sutra di tempat yang terkena sinar atau cahaya berlebih seperti sinar matahari.

    Berikut saran-saran dalam merawat pakaian batik :
  • Cuci batik dengan sabun khusus atau menggunakan shampo.
  • Jangan digosok dan jangan menggunakan detergen. kita dapat menggunakan jeruk nipis bila pakaian batik terkena noda.
  • Jangan jemur batik pada tempat yang langsung terkena matahari, tetapi jemur batik di tempat yang teduh.
  • Saat menyimpan dalam lemari, dapat dimasukkan akar wangi atau merica agar pakaian anda tidak dirusak ngengat.

Packing Mori untuk pengiriman adalah seperti gambar di bawah ini :

Copy Right : BATIK PARASANTIQUE PEKALONGAN © 2013
Jl. Molek Baru no. 9
Villa Binagriya Pekalongan
HP: 085229098359
PIN: 286B7E9A
email: parasantique@gmail.com

rss feed rss feed rss feed

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Zimbio parasantique.com SEO Score
Check PageRank


2014-12-23 06:19:17 freewebsubmission Markup Validator Parasantique Wikimapia Direktori Web Online - Kirim Submit Url Parasantique on IndonesiaYP